Mendaftar ke Situs Webmaster

Agar blog kita sering muncul di search engine, kita harus mendaftar google webmasters tools terlebih dahulu. Selain itu kita juga akan mendapatkan fitur-fitur lainnya di google webmaster ini.Untuk mendapatkan informasi yang optimal tentang blog kamu mulai dari statistik pengunjung, kata kunci (keywords) yang paling baik buat blog kamu, mengecek ke erorran di blog kamu dan sebagainya kita memerlukan google webmasters.

Agar blog kita sering muncul di search engine, kita harus mendaftar google webmasters tools terlebih dahulu. Selain itu kita juga akan mendapatkan fitur-fitur lainnya di google webmaster ini.Untuk mendapatkan informasi yang optimal tentang blog kamu mulai dari statistik pengunjung, kata kunci (keywords) yang paling baik buat blog kamu, mengecek ke erorran di blog kamu dan sebagainya kita memerlukan google webmasters.Berikut langkah-langkahnya :

  1. Login ke Gmail (Untuk membuat Google Webmasters anda harus mempunyai account Gmail).
  2. Setelah berhasil login ke Gmail, silahkan anda klik http://www.google.com/webmasters kemudian anda akan segera berada di halaman Google Webmaster.
  3. Kemudian isikan alamat gmail anda beserta passwordnya maka anda akan dibawa kehalaman Google Webmaster kemudian anda klik Sign To Webmasters Tools. OK, kita lanjut ke tingkat selanjutnya.
  4. Sekarang anda akan beralih ke halaman webmaster tools! di sini kita bisa mendaftarkan blog kesayangan kita sehinnga mudah untuk di deteksi oleh google. Ketika anda mengklik "Sign To Webmasters Tools" maka halaman seperti di bawah akan terbuka. 
  5. Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat blog anda pada kolom "add site". 
  6. Silahkan anda masukan alamat situs anda di sana! Misalkan "latihan-blog.blogspot.com".Kemudian anda klik "add site". 
  7. Setelah mengklik "add site" maka anda harus verifikasi blog anda tersebut dengan cara mengklik "Verify your site". 
  8. Sekarang klik "verify your site" maka akan ada lagi perintah bahwa anda harus memasukkan kode HTML pada blog anda. Ini adalah sebagai verifikasi bahwa blog yang anda daftarkan ke webmaster google adalah asli milik anda. 
  9. Cara untuk verifikasi adalah dengan metode "add meta tag" anda bisa memilihnya pada halaman verivikasi. 
  10. Maka akan muncul kode HTML yang harus di masukan ke blog anda tadi. Silahkan anda copy kode HTML tersebut, INGAT!! HALAMAN VERIFIKASI INI JANGAN DITUTUP DULU. 
  11. Lalu ikuti langkah selanjutnya. Sekarang masuk ke blogger lalu pilih "Tata Letak" kemudian klik "EDIT HTML" lalu cari kode html ini jika sudah ditemukan, silahkan anda paste kode HTML yang anda copy tadi tepat di atas kode. 
  12. Sekarang klik tombol "SIMPAN TEMPLATE" yang berada di bawah.Eiittzz,, belum selesai, sekarang anda harus verifikasi dulu. Pergi lagi ke halaman webmaster tools yang tadi (yang saya bilang jangan ditutup dulu).


Sumber :
http://latihan-blog.blogspot.com

0 Responses